cara memasang distributor

Memasang distributor merupakan salah satu dari langkah penyetelan awal sebelum menghidupkan mesin. Hal ini dikarenakan distributor adalah komponen yang sangat penting dalam sistem pengapian. Terkait dengan hal tersebut distributor memiliki beberapa peranan penting, antara lain:
1. Membagi tegangan tinggi dari koil ke busi pengapian sesuai dengan urutan penyalaan (Firing Order).
2. Sebagai tempat pemutusan arus primer koil. Membuka-tutup platina untuk menghasilkan induksi tegangan tinggi.
3. Mengatur timing pengapian, dengan bantuan ,governor advancer, advance vacum dan oktan selector.
4. Menggerakkan pompa oli.
Karena perannya yang penting, maka dalam memasang distributor harus benar, jika tidak maka akan membuat mesin akan sulit hidup akibat dari pengapian yang tidak berjalan dengan benar. Langsung saja kita bahas bagaimana cara memasang distributor. Sebelum melakukan pemasangan distributor, hendaknya anda menyiapkan peralatan yang akan digunakan:
1. Tool box (obeng minus, kunci ring)
2. Kunci busi
3. Kunci T 12
4. Timing light
5. Majun
6. Buku manual (jika ada)
Distributor Delco
Cara Memasang Distributor
Sebelumnya perlu diperhatikan, bahwa tutorial ini dilakukan pada mesin Toyota Kijang 5K dengan distributor delco. Namun, anda tidak perlu khawatir jika mobil anda berbeda jenis, karena tutorial dibawah ini mengajarkan tentang konsep dasar pemasangan distributor, jadi untuk mesin dan distributor yang berbeda dapat menyesuaikan.
1. Menepatkan top kompresi silinder 1 atau 4 dengan cara sebagai berikut:
Cara Pertama: 
a. Membuka penutup rocker arm pada cover kepala silinder. Atau juga bisa membuka cover kepala silinder.
b. Memutar poros engkol hingga tanda pada puli poros engkol tepat dengan angka 10 pada tutup rantai timing. Angka 10 menyatakan 10 derajat sebelum TMA/Titik Mati Atas dimana waktu busi memulai meletikkan bunga api. (Untuk beberapa mobil mungkin berbeda, ada yang 8 derajat sebelum TMA, jadi lihatlah pada buku manual/spesifikasi standar pabrik).
c. Memeriksa kedua rocker arm atau push rod pada silinder 1 atau 4. Apabila kedua rocker arm (buang dan masuk) atau push rod untuk silinder 1 dalam keadaan bebas, berarti silinder 1 pada posisi top kompresi. Bebas disini berarti rocker arm tidak menekan katup sehingga waktu kompresi kedua katup akan menutup. Demikian juga sebaliknya untuk silinder 4.
Catatan Penting!!
Untuk menentukan top kompresi silinder 1 atau 4, dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :
- Putar poros engkol sambil memperhatikan katup masuk silinder mana yang bergerak.
- Apabila yang bergerak katup masuk silinder 1 pada saat anda memutar poros engkol, berarti ketika tanda pada puli tepat dengan tanda 0 : yang sedang top kompresi adalah silinder 1.
Cara Kedua: 
a. Melepas busi silinder 1 atau 4.
b. Sumbat lubang busi dengan majun (tekan dengan obeng supaya rapat).
c. Putar kunci kontak ke posisi start kurang lebih 1 detik hingga majun terlempar ke luar dari lubang busi.
d. Putar balik poros engkol hingga tanda pada puli segaris dengan angka 10 pada tutup rantai timing. (Untuk beberapa mobil mungkin berbeda, ada yang 8 derajat sebelum TMA, jadi lihatlah pada buku manual/spesifikasi standar pabrik).
2. Memasukkan distributor hingga rotor distributor menghadap ke terminal distributor silinder 1 atau 4 (tergantung top kompresinya). Atur posisi alur pada pompa oli sehingga poros distributor dapat masuk dengan mudah. Pastikan distributor masuk hingga body distributor bersentuhan dengan blok mesin.
Catatan Penting!!
Sebelum memasukkan distributor, putar rotor sekitar 30 derajat (hanya perkiraan) berlawanan putaran arah rotor, lalu atur posisi alur pada pompa oli. Harapannya agar waktu terpasang rotor tepat menghadap ke terminal distributor silinder 1 atau 4.
3. Memutar kunci kontak ke posisi ON.
4. Memutar rumah distributor berlawanan dengan arah putaran rotor dan hentikan saat kabel tegangan tinggi dari koil mengeluarkan bunga api. Atau bisa juga melihat pada platina yang mengeluarkan bunga api. Hal ini dilakukan untuk menepatkan saat pengapian dimana saat 10 derajat sebelum TMA busi mulai meletikkan bunga api.
5. Memasang baut pengikat klem body distributor. Pastikan posisi distributor tidak bergeser saat memasang baut.
6. Memasang tutup distributor. Pastikan pula rotor sudah terpasang sebelum memasang tutup distributor.
Tutup Distributor
7. Memasang kabel busi sesuai urutan penyalaan atau FO/Firing Order. (Firing Order/Urutan Penyalaan untuk mesin kijang adalah 1-3-4-2, kebanyakan mesin 4 silinder memakai FO tersebut. Untuk lebih jelas lihatlah buku manual).
8. Menghidupkan mesin.
9. Melakukan pengecekan dengan menggunakan timing light. Lakukan pengaturan ulang jika waktu pengapian yang ditunjukkan di puli dengan timing light belum tepat.
10. Membersihkan alat, dan tempat kerja.
Dari langkah-langkah di atas, secara singkat langkah-langkah utamanya adalah:
1. Menempatkan top kompresi silinder 1 atau 4 dengan memutar puli poros engkol.
2. Menepatkan tanda pada puli sesuai dengan waktu pengapian. 
3. Menentukan top kompresi 1 atau 4 dengan meraba rocker arm/push rod yang bebas atau melepas busi.
4. Memasukkan distributor ke tempatnya. Dengan memastikan posisi rotor menghadap terminal 1 atau 4 (sesuai top kompresinya).
5. Menepatkan posisi platina hingga mulai membuka/mulai meletik. Lalu memasang baut pengikat distributor.
6. Memasang tutup distributor dan kabel busi sesuai Firing Order.
Kesalahan yang Sering Terjadi

Dalam memasang distributor ada beberapa kasus kesalahan yang sering dilakukan peserta praktik, kesalahan-kesalahan tersebut antara lain:
1. Salah dalam menentukan top silinder. Lupa untuk mengecek pada rocker arm dan push rod.
2. Pemasangan distributor dimana rotor salah arah terminal.
3. Piston belum ditopkan kompresi. Akibat dari belum menepatkan tanda pada puli.
4. Waktu pengapian tidak tepat. Akibat dari belum menepatkan tanda pada puli atau bukaan pada platina.
5. Salah FO atau salah menempatkan kabel busi. Ciri-cirinya adalah terjadi ledakan.
6. Kabel pengapian belum dipasang. Yang dimaksud adalah kabel arus primer dari - (negatif) koil ke distributor.
7. Rotor belum dipasang. Rotor berfungsi membagi dan menyalurkan tegangan tinggi ke terminal kabel busi.
8. Distributor belum masuk keseluruhan sampai body distributor bersentuhan dengan blok mesin.
9. Posisi distributor bergeser saat memasukkan baut pengikat.

18 komentar:

Unknown mengatakan...

Kalo salah menempatkan kabel busi kan bakalan nembak gan pas di idupinnya nah yang harus di perbaikinya apa gan? Tolong infonya

Unknown mengatakan...

Baut Distributor nya harus pas di tengah2 supaya tidak nah

Primer mengatakan...

Numpang Tanya Mesin 7 K pastinya beda CC dengan 5 K mengapa tanda di pulley bisa berubah sehingga dengan cara diatas memperhatikan katup masuk bergerak saat poros engkol diputar kemudian memberi tanda baru di pulley tapi piston TDC mengandalkan visual untuk sementara

Unknown mengatakan...

Maaf mau tanya Cara memasang kabel busi great corolla gimana ya?

Unknown mengatakan...

Py iki

Unknown mengatakan...

Om, permisi mau tanya apakah untuk mesin 3k kijang buaya sama pemasangan distributornya mohon di bantu thank...

Unknown mengatakan...

Mau tanya gan sy punya mobil tua zebra th 88 mogok setelah sy setel platinanya tdk bisa hidup katanya topnya mesin dg platina tdk pas utk mengetahui ciri ciri kode top mesin agar pas dg top platina gimana gan.trima kasih

Unknown mengatakan...

Urutan kabel busi pd tutup cdi brapa gan

Unknown mengatakan...

Urutan kabel busi mobil colt ss karbu brapa gan

Unknown mengatakan...

Posisi motor pada Hardtop menghadap ke busi no berapa gan..kalau kijang pada busi no 2...mohon penjelasan

Unknown mengatakan...

Rotor maksudnya gan

Unknown mengatakan...

Mu nanya kalau pemasangan kabel busi mobil cerry 10 dari delco ke busi itu gi mana urutannya

www.imporindo.com mengatakan...

Dear          : BAPAK/IBU
Leaders     : The Director Companies
Attn            : Jasa Undername Export Import & Door to door Domestics
Subject      : Letter Partner Cargo Import & DomesticsPage          : 01 [ One] Sheet
With Respect,We are from PT.TATA INDAH SARANA, introduce it self as a company Exspedisi cargo air craft (EMKU) & Exspedisi Cargo Ships (EMKL)Int'l Freight Forwarding and Customs Clearance, who lives in Jl. Raya Lapangan Tembak – Cibubur No. 3B Rt. 005 Rw. 004 Kelurahan Pekayon Kecamatan Pasar Rebo Jakarta Timur, Jakarta – Indonesia 13710, we are ready to cooperate with your party.
Service in Our Company:
Air & Sea Freight ServiceCargo Break Bull ServiceEx-Work, FOB, CNF & CIFImport Door to Door ServiceCustoms Clearance Import ResmiCustoms Clearance ExportCustoms Clearance Import Borongan (All-In)UNDER NAME (Consignee)Domestics Inter-Island
PT.TATA INDAH SARANA,Committed to being a good partner and the right for customers who import planing. If the company Mr / Ms do not have the Import License, while the need to import is urgent, then we offer the right solution in terms of the importation is by system UNDER NAME (Consignee)
Routine schedule consolidator Import Door to Door By Air & By Sea:
Singapore to IndonesiaChina     to IndonesiaTaiwan    to IndonesiaMalaysia  to IndonesiaEurope    to Indonesia
System Service: 
DOOR TO DOOR (Ex - Work), DIRECT STATE OF ORIGINDOOR TO PORT (FOB TERMS), THANK OUR AGENT IN GOODS BETWEEN (Boking Number)TRANSHIPPMENT SINGAPORE, SINGAPORE AGENT CONSIGNEEPORT TO DOOR (FOB, CIF & C&F) CUSTOM CLEARANCE SERVICE OFFICIAL, HAVE PERMISSION TO LEGAL OWNER OF IMPORTED GOODSPORT TO DOOR (FOB, CIF & C&F) RENTAL FLAG (UNDER NAME) AUTHORIZED SERVICE & WHOLESALE, WE IMPORT PERMITS LEGALITY
Port Sevice:
> Tanjung Priok Port> Surabaya      Port> Lampung       Port> Semarang      Port > Medan         Port
Note:
For doc who had already arrived at the Air Port or at the Port Tanjung Priok, with out permission import & Disallow limited Import [Goods Resilience] we can help to coordinate all concerned parties ,And for the new wholesale price can be given after we receive the Invoice & Packing List.
For the opportunity and trust good professional cooperation, given to PT.TATA INDAH SARANA we thank you very much.
  PT. TATA INDAH SARANA adalah Perusahaan yang bergerak di bidang Trading, Jasa Freight Forwading, Jasa PPJK dan Jasa Export Import dengan standar pelayanan terbaik dan harga sangat kompotitif.
 
Staf Perusahaan kami merupakan satu tim yang energik yang sangat berkomitmen dalam bekerja sesuai dengan prosedur mutu yang sangat terjamin untuk memastikan bahwa setiap pelanggan mendapat pelayanan yang sangat memuaskan dan penuh tanggung jawab. 
Adapun project kerjasama unggulan kami sebagai berikut :- Air & Sea Freight (LCL & FCL)- Bonded Warehousing- Import Borongan– Custom Clearance- Door to door service- Undername- Import Sea Freight & Air Freight Service- Export Sea Freight & Air Freight Service- Import Consulidation- Custom Clearance Import ( ALL In )- Second of Machine Import Kami juga melayani import Under Name dimana kami menyediakan legalitas import, ini adalah solusi yang kami berikan kepada perusahaan yang ingin import barang akan tetapi belum memiliki legalitas / izin import.
Izin pendukung yang kami miliki sebagai berikut :- BPOM_ LS- B1, B2 & B3- ALKES- PI Besi & Baja- IT Pakaian jadi- NPIK Mainan- IT Mainan anak-anak Operasional perusahaan kami meliputi :- Pelabuhan Tanjung Priok dan Soekarno Hatta II Air Port ( Jakarta )- Pelabuhan Tanjung Perak ( Surabaya )- Pelabuhan Tanjung Emas ( Semarang )- Pelabuhan Batam Centre ( Kepulauan Riau )- Pelabuhan Belawan ( Medan ) Demikian Perkenalan ini kami sampaikan atas kepercayaan dan kerja samanya kami ucapkan terimkasih. 
Best Regards,PT. TATA INDAH SARANA    Mr.RIANALDO
 MOBILE / WA  : 082-113225270 E MAIL             : rianaldotis@gmail.com TLP                  : 021-29627348 WEB                      : www.imporindo.com 

Unknown mengatakan...

Mau tanya gan merobah platina menjadi cdi apakah coil harus di ganti?

Deddy Palugodo mengatakan...

New PaluGada Motors adalah Bengkel Mobil umum yang terletak di Kawasan Sleman Jogjakarta.
Dengan memilki tenaga ahli dalam divisi – divisi khusus untuk perbaikan dan perawatan mobil anda.

“New PaluGada Motors”
Bengkel & Toko Aki Mobil.
Jl.Magelang km 11,8 Durenan Beteng 03/12 Tridadi Sleman Yogyakarta.

Hp. 085'1O1'667'650 – WA 089’671’979’799.

Google maps “Bengkel Mobil Palugada Sleman”.

Disisi lain ada pula tenaga ahli kami untuk perawatan spesialis Engine & Understell Mobil seperti :

Tune – UP Mesin & Over Houl.
Kaki Kaki Mobil.
Sistem Rem Cakram / Tromol.
Sistem Kopling Manual.
Electrical sistem.
Lampu lampu dan perkabelan.
Ganti oli dan filter.
Jual beli / tukar tambah aki / accu mobil.

Unknown mengatakan...

Cara mengetahui top yang benar tanpa membuka busi gimana om

Amay mengatakan...

Terimakasih gan sangat membantu 👍👍👍

Unknown mengatakan...

Saya mau tanya...apa sebabnya...tuas vacum....pada saat di gas tidak bergerak

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

gambar

gambar