cara menyetel karburator
Sering kali kendaraan sepeda motor kita mengalami gangguan yang rada
menjengkelkan kita,,,kita kadang merasa sepeda motor kita terasa berat
saat dibawa buwat gas kencang,,kemungkinan kecilnya adalah ada masalah
pada karburator sepeda motor kita…untuk itu disini akan dijelaskan cara
mudah seting karburator yang murah meriah adalah di seting sendiri
tanpa harus pergi ke bengkel. Ombobon akan mencoba menjelaskan proses
penyetelan karburator standart yang sangat mudah, tetapi lebih bagus
kalau karburator di bersihkan dulu dan filter bensin serta filter udara
juga ikutan di bersihkan supaya kotoran atau endapan yang ada
didalamnya dapat di buang begitu juga dengan pilot dan main jet ikut
bersihkan. Untuk pilot dan main jet kalo bisa di bersihkan dengan
carburator cleaner supaya waktu lebih singkat tapi kalo gak punya ya…
pake bensin aja ato pake tiner kalo punya.
Setelah dibersihkan pasang kembali sparepart karburator ke posisi
semula dan tempatkan ke manifold dengan baik dan benar…. kalo tidak
bisa terjadi kebocoran pada sambungan.
- Putar ke kanan setelan angin sampai mentok kemudian putar balik ke kiri untuk motor bebek 1,4 – 1,5 putaran dan untuk motor sport sampe 2,5 putaran.
- Setel gas untuk putaran 3000 – 5000 rpm
- Hidupkan mesin……bremmm…bremmmm
- Kemudian Setel baut angin sampai posisi suara mesin tertinggi atau suara knalpot tidak nembak walau sekecil apapun kira kira antara 1,4 – 1,6 putaran untuk motor bebek. untuk motor sport dari 2,4 – 2,6 putaran.
- Jika sudah ketemu suara mesin tertinggi maka turunkan setelan baut gas hingga posisi idle atau gak matian…..(900 -1100 rpm)..
- Lalu cek sekali dua kali untuk di gas…. bremmm…..bremmmm dan setelah posisi idle mesin gak mati …maka motor sudah enak di ajak jalan jalan dan mudah mudahan irit.
- Kalau masih mati ulangi proses dari pertama biar puas…puas.
- gambar menyusul.
- Semoga bermanfaat.
Pasokan bahan bakar yang terlalu banyak bisa menjadi penyebab utamanya. Hal ini karena karburator yang kotor menghambat proses di dalamnya. Padahal, untuk bisa menjamin performa mesin yang prima, salah satunya adalah dengan menjamin proses pengabutan di dalam karburator dengan sempurna.
Oleh karena itu, bersihkan bagian ini beserta dengan komponen-komponen pendukungnya secara berkala. Hal lain yang menyebabkan pasokan bahan bakar berlebih adalah penyetelan jarum skep yang terlalu tinggi, klep chock yang macet dan nozzle pilot jet yang tersumbat dan penyetelan sekrup angin yang tidak tepat.
Kotoran secara otomatis akan membuat mesin “pincang” atau bahkan tidak bisa dinyalakan sama sekali. Untuk itu perhatikan dengan seksama bagian-bagian tersebut dan pastikan setelannya sudah tepat. Jangan lupa untuk memeriksa kebersihan knalpot karena kotoran bisa menghambat gas buang dari ruang bakar mesin.
Hal lain yang menyebabkan mesin sepeda motor tersendat adalah busi yang sudah lemah. Kalau sudah begini, tak ada cara lain selain membeli busi baru yang cocok untuk motor. Dalam kondisi darurat, pembeli bisa mengatur jarak antar elektroda sehingga busi bisa memberi asupan listrik yang cukup untuk sementara.
Faktor terakhir yang membuat sepeda motor tersendat saat dikendarai adalah penyetelan pompa oli samping yang tidak tepat, sehingga pelumas yang disuplai ke mesin terlampau banyak. Pergi ke bengkel langganan untuk menyetel ulang pompa oli hingga mendapat ukuran yang pas…jadi selamat mencoba bro,,semoga performance tunggangan anda semakin nyaman dan sesuai yang anda inginkan,,,
0 komentar:
Posting Komentar